Selasa, 09 Agustus 2011

PROFILE NGADA

Kabupaten Ngada Adalah Salah Satu Kabupaten Yang Berada Di Dalam Wilayah Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) Yang Terletak Di Sebelah Barat Dari Pulau Flores. Ibukota Kabupaten Ngada Adalah Kota Bajawa. Ketinggian Letak Topografi Kota Bajawa Ini, Membuat Udara Di Kota Bajawa Ini Sangat Sejuk, Bahkan Pada Bulan-Bulan Tertentu, Boleh Jadi Akan Terasa Dingin Bagi Mereka Yang Belum Terbiasa Dengan Alam Yang Ada Di Kabupaten Ngada Ini. Letak Geografis Kabupaten Ngada Adalah Berbatasan Darat Langsung Dengan Kabupaten Manggarai Timur Dan Kabupaten Nagekeo. Kota Bajawa Dihubungkan Oleh Transportasi Darat Yang Dapat Diakses Mulai Dari Bagian Paling Timur Pulau Flores Yaitu Dari Larantuka Yang Adalah Ibukota Kabupaten Flores Timur Melewati Kota Bajawa Sampai Ke Bagian Barat Flores Yaitu Di Kota Labuan Bajo Yang Adalah Ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Sedangkan Untuk Akses Masuk Dan Keluar Daerah Kabupaten Ngada Dapat Menggunakan Jalur Laut Melalui Pelabuhan Aimere Dan Untuk Lalu Lintas Udara Dapat Mengakses Bandar Udara So'a.

Kabupaten Ngada Tergolong Daerah Yang Beriklim Tropis. Hal Ini Juga Tergambar Pada Banyaknya Padang Savana Di Kabupaten Ngada Ini. Seperti Juga Beberapa Kabupaten Lainnya Di Pulau Flores Ini, Kabupaten Ngada Juga Memiliki Beberapa Daerah Obyek Wisata Yang Cukup Dapat Diandalkan. Diantaranya Adalah, Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda, Kemudian Masih Ada Juga Obyek Wisata lainnya Seperti Bangunan Megalit Di Perkampungan Adat Bena. Sedangkan Obyek Wisata Bahasi Di Kabupaten Ini Adalah Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung.

Letak Astronomis Kabupaten Ngada Adalah Berada Diantara 8° 20'35,97" LS - 8° 57' 23,43" LS Dan 120° 48' 38,86" BT - 121° 08' 58,39" BT. Kondisi Iklim Daerah Pegunungan Yang Sejuk Dan Ketersediaan Hijauan Yang Relatif Besar Sangat Cocok Bagi Pengembangan Sektor Peternakan Di Kabupaten Ngada. Dengan Panjang Musim Kemarau Antara 8 - 9 Bulan Dan Sisanya Rentangn Musim Penghujan Antara 3 - 4 Bulan. Adalah Tantangan Lain Sektor Pertanian Kabupaten Ngada. Kabupaten Ngada Seperti Juga Kawasan lain Di Pulau Flores Seperti Manggarai, Manggarai Timur, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Manggarai Barat, Dan Kabupaten Flores Timur, Menyimpan Banyak Ragam Kebudayaan NTT (Nusa Tenggara Timur) Yang Belum Terekspos Secara Gamblang.

Letak Geografis Kabupaten Ngada Adalah Berbatasan Dengan :
1. Sebelah Utara Kabupaten Ngada Adalah Berbatasan Dengan : Laut Flores
2. Sebelah Timur Kabupaten Ngada Adalah Berbatasan Dengan : Kabupaten Nagekeo
3. Sebelah Selatan Kabupaten Ngada Adalah Berbatasan Dengan : Laut Sawu
4. Sebelah Barat Kabupaten Ngada Adalah Berbatasan Dengan : Kabupaten Manggarai Timur

Sektor Pertambangan Di Kabupaten Ngada Adalah Juga Sebuah Potensi Yang Harus Dioptimalkan Dalam Menambah Penghasilan Daerah Kabupaten Ngada. Kabupaten Ngada Memiliki Potensi Pertambangan Yang Cukup Beraneka Ragam Dan Penyebarannya Di Beberapa Lokasi, Di Kabupaten Ngada. Beberapa Jenis Bahan Tambang Tersebut Diantaranya Adalah Besi/ Mangan Yang Kandungannya Diperkirakan Banyak Dijumpai Diwilayah Mbong Milong-Riung Dengan Perkiraan Luas Areal Tambang Adalah Sekitar 1.359 Ha. Emas Kandungannya Diperkirakan Banyak Dijumpai Diwilayah Rawangkalo, Wangka, Lindi Dengan Perkiraan Luas Areal Tambang Adalah Sekitar 1.177.100 Ha. Masih Ada Juga Perak Dalam Jumlah Kecil, Belerang Yang Berada Di Sekitar Matalako Dengan Perkiraan Luas Areal Tambang Adalah 30 Ha, Tembaga, Pasir Besi, Marmer Di Sekitar Sambinasi, Rawangkalo, Wangka Dengan Perkiraan Volume Adalah Sekitar 15.452.336 M3, Granodiort, Zeolit, Dan Batu Permata Serta Akik.

Kabupaten Ngada Juga Berada Didalam Jalur Lintas Gunung Berapi, Dengan Memiliki Dua Gunung Berapi Di Wilayah Kabupaten Ngada Yaitu Gunung Inerie Dan Gunung Inelika. Selain Itu Juga Kabupaten Ngada Memiliki Wilayah Perairan Yang Sangat Potensial Baik Di Pantai Utara Kabupaten Ngada Yaitu Laut Flores Tepatnya Di Kecamatan Riung, Maupun Laut Selatan Yaitu Laut Sawu Masing-Masing Berada Di Kecamatan Golewa Dan Kecamatan Aimere.Hasil Laut Yang Utama Dari Kabupaten Ngada Adalah Ikan Pelagis, Ikan Demersal, Ikan Tuna, Lobster, Rumput Laut Dan Mutiara. Penghidupan Sebahagian Kalangan Di Ngada Adalah Sebagai Nelayan Yang Dengan Banyaknya Intensitas Penyuluhan Menyebabkan Sebagian Diantaranya Juga Berpola Budidaya Secara Swakelola. Hal Ini Ditunjang Dengan Panjang Garis Pantai Di Kabupaten Ngada Sepanjang 219 Km.

Nama Kecamatan Yang Ada Di Kabupaten Ngada :
1 Kecamatan Riung Barat
2 Kecamatan Riung
3 Kecamatan Wolomeze
4 Kecamatan Soa
5 Kecamatan Bajawa Utara
6 Kecamatan Golewa
7 Kecamatan Bajawa
8 Kecamatan Jerebuu
9 Kecamatan Aimere

Daftar Pulau Yang Ada Di Wilayah Kabupaten Ngada, Antara Lain :
 1. Pulau Mborong
 2. Pulau Dua
 3. Pulau Ontoloe
 4. Pulau Gong
 5. Pulau Lainjawa
 6. Pulau Nelo
 7. Pulau Bobajie
 8. Pulau Pata
 9. Pulau Bakau
10. Pulau Rutong
11. Pulau Sui
12. Pulau Tembang
13. Pulau Tiga
14. Pulau Taor
15. Pulau Tembaga
16. Pulau Wire
17. Pulau Batu

Alat Musik Kabupaten Ngada
Foy Doa Adalah Alat Musik Tradisional Kabupaten Ngada. Kapan Alat Musik FOY DOA Ini Pertama Kali Dibunyikan Atau Ditemukan Tidaklah Pasti Dapat Kita Ketahui, Sebab Tidak Satupun Referensi Yang Dapat Dipakai Untuk Memastikan Usia Alat Musik Yang Satu Ini. FOY DOA Artinya Kurang Lebih Adalah Suling Ganda Atau Suling Berganda. FOY DOA Ini Terbuat Dari Bambu Kecil Yang Dalam Pemakaiannya Tidak Seperti Suling Biasa Lainnya Yang Hanya Menggunakan Sebilah Bambu Saja, Melainkan Terdiri Dari 2 Atau Lebih Suling Yang Digandeng Dan Digunakan Secara Bersama-Sama. Hal Ini Mengakibatkan Nada Dari Suling Ini Bisa Sebagai Nada Tunggal (Bunyi Suling Tinggal) Dan Bisa Juga Nada Berganda (Bunyi Lebih Dari Satu Suling). Tentunya Tergantung Keinginan Dari Pemain FOY DOA Itu Sendiri.
Awalnya Alat Musik FOY DOA Ini Digunakan Secara Tunggal Tanpa Alat Musik Lainnya Dalam Membawakan Sebuah Lagu Atau Nyanyian, Namun Dalam Perjalanannya Alat Musik Ini Kemudian Dibawakan Dengan Menggunakan Alat Musik Lainnya Secara Bersama-Sama. Alat Musik Lainnya Yang Sering Digunakan Bersama Ini Antara Lain Adalah Laba Dera Atau Laba Toka. Selain Kedua Alat Musik Tadi Masih Ada Juga Beberapa Jenis Alat Musik Yang ternyata Juga Sering Digunakan Sebagai Pengiring Alat Musik FOY DOA Yaitu Tobo (Thobo) Atau Sowito.

FOY DOA

Alat Musik Tradisional NTT, Foy Doa

Beberapa Jenis Alat Musik Pukul Yang Khas Kabupaten Ngada Antara Lain :

1. SOWITO
Alat Musik Pukul Khas Kabupaten Ngada Yang Terbuat Dari Bambu. Seruas Bambu Yang Dicungkil Kulitnya Berukuran 2 Cm Yang Kemudian Diganjal Dengan Batangan Kayu Kecil. Cungkilan Kulit Bambu Ini Berfungsi Sebagai Dawai. Cara Memainkan Dipukul Dengan Sebatang Kayu Sebesar Jari Tangan Yang Panjangnya Kurang Dari 30 Cm. Sertiap Ruas Bambu Menghasilkn Satu Nada. Untuk Keperluan Penggiringan, Alat Musik Ini Dibuat Beberapa Buah Sesuai Kebutuhan.

SOWITO

Alat Musik Tradisional NTT, Sowito

2. THOBO
Alat Musik Khas Kabupaten Ngada Yang Terbuat Dari Bambu. Seruas Bambu Betung Yang Buku Bagian Bawahnya Dibiarkan, Sedangkan Bagian Atasnya Dilubangi. Cara Memainkannya Adalah Dengan Ditumbukan Ke Lantai Atau Tanah (Seperti Menumbuk Padi). Alat Musik Ini Berfungsi Sebagai Bass Dalam Mengiringi Musik Foy Doa.

THOBO

Alat Musik Tradisional NTT, Thobo

2 komentar:

  1. mengapa tidak ada catatan tentang bupati-bupati yang pernah memimpin Ngada dari masa ke masa?

    BalasHapus
  2. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus