Selasa, 09 Agustus 2011

PEMANDIAN AIR PANAS MENGERUDA

Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda Di Soa Adalah Tempat Pemandian Air Panas Yang Terletak Kurang Lebih 50 Km Arah Selatan Riung. Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda Terletak Pada Ketinggian Kurang Lebih 1000 mdpl. Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda Adalah Salah Satu Pemandian Air Panas Alami Yang Kemudian Oleh Pemerintah Daerah Ngada Dijadikan Sebuah Oyek Pemandian Air Panas Dengan Fasilitas Yang Cukup Memadai. Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda Ini Berada Di Sebuah Dataran. Sumber Air Panas Ini Dalam Kondisi Normal Memiliki Suhu Rata-Rata 30° Celcius Sampai Dengan 40° Celcius. Bukan Rahasia Lagi Jika Air Yang Memiliki Kadar Belerang Diatas Rata-Rata Ini Adalah Obat Kulit Yang Mujarab, Selain Manjur Dalam Menghilangkan Kepenatan Kita Setelah Berlelah-Lelah Seharian.

Para Wisatawan Yang Hendak Menuju Kota Bajawa, Entah Itu Wisatawan Lokal Maupun Domestik. Tak Jarang Memilih Berendam Seharian Di Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda, Sampai Dengan Sore Harinya Barulah Mereka Melanjutkan Perjalanannya Ke Kota Bajawa, Yang Tidak Lain Adalah Ibukota Kabupaten Ngada. Udara Di Kota Bajawa Adalah Berbanding Terbalik Dengan Suhu Pada Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda. Hal Ini Dapat Dimaklumi Karena Tinggi Permukaan Kota Bajawa Dari Permukaan Air Laut Adalah Sekitar 1.200 mdpl.

Pada Awalnya, Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda Ini Adalah Tempat Para Petani Maupun Masyarakat Lokal Sekitar Tempat Pemandian Ini Berendam Atau Sekedar Membersihkan Diri Setelah Seharian Bekerja Di Kebun. Yang Mana Dalam Perjalanannya Kemudian, Oleh Pemerintah Kabupaten Ngada, Difasilitasi Dengan Bangunan Pelengkap Selayaknya Sebuah Tempat Pemandian Komersil Dengan Sarana Yang Cukup Memadai, Dengan Tetap Membiarkan Alur Airnya Mengalir Secara Alami. Air Panas Beraroma Belerang Yang Tak Lain Adalah Akibat Sebuah Kegiatan Vulkanik Yang Berada Di Bawah Perut Bumi Kabupaten Ngada Ini, Pada Masa-Masa Mendatang Diyakini Dapat Menarik Jumlah Wisatawan Yang Datang Ke Kabupaten Ngada Ini.

Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda, Walaupun Saat Ini Tak Seperti Kawasan Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau Yang Begitu Banyak Menarik Wisatawan, Namun Dalam Perjalanannya Kedepan Nanti Adalah Sebuah Aset Pemerintah Daerah Ngada Yang Menjadi Salah Satu Sumber Pendapatan Daerah Yang Handal, Yang Tentu Saja Dapat Terealisasi Jika Mendapatkan Penanganan Secara Serius Selain Segi Infrastruktur Dan Saran Prasarana Lainnya, Selain Faktor Promosi Wisata Yang Tak Kalah Pentingnya Dalam Memperkenalkan Tempat Pemandian Air Panas Mengeruda Sebagai Salah Satu Tempat Tujuan Wisata Yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar